Selasa, 21 Mei 2013

Tahap I Pemilihan Duta Anti Narkoba Surabaya



Guys kembali hadir informasi bagaimana seleki tahap pertama dilakukan untuk pemilihan Duta Anti Narkoba. DPC Surabaya.
Pemilihan pada tahun saya yaitu tahun 2010 menggunakan sistem yang sama seperti tahun sebelumnya dan hingga tahun ini :
1.      Peserta mengikuti seleksi bersama dengan mendatangi tempat seleksi dan membawa persyaratan yang dibutuhkan, tepat waktu tentunya.
2.     Peserta datang dengan performance sesuai layaknya pemilihan duta, yang mencerminkan pribadi dan kredibilitas pemuda yang dinamis dan layak menjadi seorang duta.
3.      Persiapan materi tentunya sebelum hari H pelaksanaan tes awal. Materi yang digunakan untuk tes tulis seputar pengetahuan umum tentang narkotika, permasalahan yang telah terjadi seputar narkotika, peraturan atau perundang-undangan tentang narkotika dan pengetahuan peserta tentang GRANAT. Tentunya media internet memudahkan semua itu, bukan? Tinggal bagaimana sistem belajar dan mencari informasi tersebut.
4.      Pada seleksi hari pertama terdapat dua sesi:
       a.       Sesi tulis multiple choice    : soal seperti yang dijelaskan diatas.
       b.    Sesi forum discussion : point penilaian dilihat dari peserta menanggapai topik masalah yang diberikan. Cara berpendapat, ide, menyikapi pendapat teman. Dan perlu diingat it’s not debat. Kita menuangkan ide, solusidari masalah.
5.      Di forum discuss dilaksanakan dalam bentuk kelompok meja, dan masing-masing meja akan dimoderatori oleh anggota DANS (Duta Anti Narkoba Surabaya). Dan juga satu dewan juri yang akan menilai.
6.      Penilaian dari dua sesi tersebut akan diakumulasi untuk mendapatkan peserta yang mempunyai potensi lebih dari seluruh peserta. Tapi yakinlah, di tahap ini semua berisi orang-orang hebat dan positive.
7.      Akumulasi nilai tidak hanya dilihat dari nilai materi dua sesi, tapi juga dilihat faktor penampilan, pembawaan diri, sikap/atitude, karakter peserta.
8.      Kenapa? Ingat guys, Duta adalah orang-orang yang mempunyai tanggungjawab dalam hal menjadi panutan, menjadi inspirasi,dinamis pemikiran,karakter dan mampu menjalankan tugas dan menempatkan diri mereka. Jadi aspek-aspek itu penting sekali. Dan tetaplah menjadi diri sendiri.
9.      Pengumuman. Perbedaan tahun 2010 dan sebelumnya dengan Tahun 2011 dan hingga tahun ini adalah pada tahun 2010 langsung dipilih 10 terbaik Putera dan 10 terbaik Puteri yang resmi jadi finalis akan dikarantina oleh panitia.
10.  Dan pada 2011 hingga sekarang, ada kesempatan dan peluang besar untuk peserta. Karena akan dipilih 20 terbaik Putera dan 20 terbaik Puteri di tahap 1. Lebih melegahkan,bukan? Tahap 1 dengan jumlah 40 orang akan menjadi semifinalis Dans.
11.   Dan semifinalis akan diseleksi lebih ketat untuk mendapatkan 10 pasang putera puteri paling baik yang akan menjadi Grand Finalis dan akan dikarantina.
Kalian bisa meninggalkan pertanyaan di postingan ini melalui komentar untuk hal hal yang ingin lebih jelas.

Untuk tahu bagaimana proses seleksi tahap 2, tunggu posting selanjutnya. Selalu semangat kawan.



Salam say No to Drugs.
fb        : www.facebook.com/adi.aikawa 
twitter  : @adiAikawa
FP       : www.facebook.com/dutaantinarkobasurabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar